-->

Terbaru

Menganalisa suara mesin motor

Post a Comment
Assalamungalaikum....
Kendaraan roda dua sekarang banyak sekali jenisnya dan penampilanya juga keren keren .

Tetapi untuk masalah mesin sama saja ,kalau untuk metik ya mesinya komponenya sama untuk motor jenis manual juga komponen mesinya sama dan apabila rusak suara suara yang terdengar dalam mesin akan sama. Jadi kita sebagai montir harus sedikit atau malah tau banget suara komponen mesin yang rusak supaya dalam perbaikan bisa tepat sasaran, untuk menghemat waktu serta biyaya

Menganalisa suara mesin

Menganalisa suara mesin di sini adalah supaya kita tau dan menebak dengan benar komponen yang rusak yang terdapat didalam mesin, hanya dengan mendengarkan suaranya saja. Apabila mesin dibunyikan  bisa menebak suara komponen mesin yang rusak

Komponen komponen mesin

Komponen komponen mesin yang umum dan sering terjadi kerusakan antara lain
1.setang seher
2.seher + ring seher
3.noken as
4.platuk klep
5.klep
Komponen diatas adalah yang sering sekali bahkan hampir tiap hari aku menangani kerusakan kerusakan komponen yang diatas.

Okeh kita lanjut ke tema atau kejudul.  Untuk suara suara kerusakan yang terjadi pada mesin motor 

Untuk suara seteng seher bila rusak suaranya seperti ( ethek ethek ethek......) 😁
Seperti itu bila di peragakan dengan mulut

Untuk suara kerusakan pada seher bisa menimbulkan suara dan juga tidak menimbulkan suara . Kalau yang tidak menimbulkan suara ditandai dengan kenalpot mengeluarkan asap putih ada juga menimbulkan suara dan tidak mengeluarkan asap putih.  Bila diperagakan dengan mulut suaranya (terrrrrrrrr...) apabila posisi netral gas kita tarik, dan tidak bunyi apabila posisi netral mesin bunyinya pelan atau posisi langsam.

Untuk suara noken as biasanya bunyinya jelas sekali (TEEERR...) dan untuk platuk suaranya hampir sama dengan rantai keteng yang kendor (tikitikitikitik....)
Untuk mengetahui jelasnya kerusakan noken as dan platuk simak vidionya dan jangan lupa subcribe.

Masih banyak sekali penyakit penyakit atau kerusakan kerusakan yang terdapat pada motor dan ciri ciri suaranya berbeda beda.  Memang untuk  menganalisa suara mesin supaya tepat sasaran dalam perbaikan harus montir yang sudah bepengalaman atau sudah senior dan tau cara kerja komponen yang didalam mesin.

Dan suara suara yang aku peragakan diatas adalah suara yang umum dan sering terjadi. Semua itu untuk pengetahuan saja dan menambah inspirasi buat kalian yang baru terjun didunia perbemgkelan.

Cara penanganannya atau perbaikanya

 Untuk cara perbaikanya kurusakan kerusakn diatas yaitu harus diganti dan ada juga yang cuman di setel lagi contohnya
Apabila terdengar suara tiktiktik.... Itu biasanya timbul karena pelatuk sudah longgar dan itu cukup disetel kembali dengan ukuran setandar kelonggaran klep

Okeh cukup sekian dulu apabila untuk mengahui lebuh banyak lagi lanjut disini
Siapa tau ada yang cocok dan menambah lebih banyak pengetahuan
Okeh terimakasih

Wassalamungalaikum......
Salam suksess 😇🙏

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter