-->

Terbaru

Cara mudah menggulung sepul motor roda 3 / Tossa

Post a Comment
Sudah lama aku tidak membuat artikel masalah sepul motor tapi kali ini aku akan membahasnya.
Pada awalnya aku lagi memperbaiki motor di bkl sendiri karena bkl pas waktu itu lagi rame jadi aku tidak tau ada orang telfon, mungkin karena tidak diangkat angkat jadi orangnya katempat bkl aku.  

Ternyata  motornya mogok dijalan dan lumayan jauh dari lokasi tempat rumahku. Kemudian aku pergi menuju tempat dimana motornya mogok dengan yang punya.  Setelah sampai aku liat dan aku coba motor dislah ternyata memang susah tidak bunyi bunyi kemudian aku bukak businya ternyata busi ngga ada apinya lalu aku ganti businya dengan yang baru dan begitu dislah motor langsung hidup. 

Kemudian orangnya bilang , "mas",  motor lampunya ko mati semua.? Terus aku bilang, ya udah bawa aja kebengkel aku , disana alatnya lebih kumplit. 
"Karna pas waktu mogok motor ada di pinggir jalan"

Singkat cerita motor dibawa kebengkel dan langsung aku bukak spulnya ternyata sepul sudah pada gosong. 

Cara mudah menggulung sepul motor roda3 / Tossa

1. kita buka blok mahnetnya
2. Lepas sepul dari bloknya
3. Lepas kawat emailnya
Kalau bisa,? hitung pada waktu melepasnya supaya nanti menggulungnya sama,  tetapi kalau lupa ya.... gulung aja sebanyak 4 tumpuk atu lapisan.  

Cara gulungnya , kita gukung dari awal, gulung dengan memutar berlawanan  arah jarum jam, besar kawat email memakai ukuran 0,8mm. Setelah satu sudah selesai kita lanjut dengan melompat dua keren dan arah gulunganya masih sama dengan yang pertama dan seterusnya sampai tergulung semua.  Dibawah ini gbr cara urutan menggulung

Gbr

Ket.
No.1 adalah awal kita mulai gulung  setelah selesai 4 tumpuk kita langsung menggulung ke no1 nya lagi sampai selesai sampai ke no1 berikutnya kemudian kawat kita potong.
No . 2  caranya sama dengan nomer satu. Begitu juga yang no3.

Gambar diatas adalah urutan cara menggulung. 
Dari no.1 kemudian lanjut ke no satunya lagi sampai selesai. dan gulungan sepul yang berwarna hitam adalah sepul pengapian atau sepul cdi . Setelah selesai semuanya di gulung, tiga ujung kawat awal kita mulai menggulung kita kupas dan jadikan satu  jangan lupa disolder kemudian bungkus dengan isolasi supaya tidak menyentuh massa, karena sepul tossa tidak ada masanya  , masanya berada diatas. Kemudian ujung kawat terakhit kita melilit atau menggulung juga kupas dan sambungkan kekabel yang menuju ke dioda atau kekiproh yang warnanya kuning . Itulah cara mudah menggulung sepul motor roda 3 /Tossa

Jika anda kurang paham cara mengulungnya bisa juga simak di vidio youtube dan jangan lupa subcribe karena sudah lumayan banyak mengapload masalah yang berhubungan dengan mesin kendaraan roda dua.  Terima kasih


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter