Motor injeksi memang sangat irit dan bertenaga tetapi ada juga kelemahan yang harus kita ketahui terutama motor injeksi Yamaha.
Pada dasarnya semua motor apabila sudah lama dipakai terkadang selalu ada kendala karena sering beroprasi komponen komponen baik kelistrikan maupun mesin pasti ada keausan atau lemah pada bagian kelistrikan.
Untuk menanggulangi hal tersebut kita sebagai pemilik motor haruslah sering mengecek atau service secara rutin dibengkel yang sudah mumpuni.
Baiklah sekarang saya mau membagikan pengalaman saya sebagai mekanik yang sudah 20th lebih menangani mssin dan kendala kendala pada sepeda motor, tapi disini saya mau membagikan pengalaman masalah motor matic terutama injeksi.
Penyebab motor injeksi susah hidup
Untuk menangani motor injeksi susah hidup memang agak susah susah gampang. Kita sebagai pemilik kendaraan harus tau sedikit permasalahan motor supaya apabilakita dalam perjalanan tiba tiba motor mogok jadi bisa menanganinya.
Untuk penyebab motor injeksi susah hidup antara lain:
1. Kompresi sudah lemah
4. Aki sudah soak
5. ISC ( Idle Speed Control ) sudah tidak beefungsi sempurna.
6. Pompa injeksi sudah lemah
Untuk mengetahui penyebab penyebab diatas kita harus tau ciri cirinya disini aku akan membahas sekalian ciri ciri diatas.
Untuk ciri kompresi sudah lemah
Apabila kita membunyikan motor dengan cara dislah atau pakai kaki ketika ngeslah terasa ringan sekali dan suara mesin ngongosss.
Untuk ciri busi sudah lemah
Apabila dislah agak berat mesin maubunyi tidak jadi jadi atau tidak bunyi sama sekali ketika bunyi tidak langsung bisa langsam harus panas terlebih dahulu.
Untukciri klep terlalu kencang
Apabila dislah pelan motor susah bunyinya harus keras baru motor berbunyi dan lepas gas biasanya mati kalau masih dingin ciri ini hampir sama dengan ciri no dua bedanya motor kalau panas kadang tiba tiba mati sendiri.
Untuk ciri aki sudah soak
Untuk ciri ini mungkin hampir semua sudah tau biasanya distarter elektrik tidak bisa bunyi klakson pelan. Tapi ada untuk motor injeksi terutama injeksi model baru apabila aki sudah soak mempengaruhi pervorma mesin dan bisa menyebabkan susah hidup.
Untuk ciri ISC ( idle Speed Kontrol )
Untuk ciri ini yang biasa terjadi pada mesin injeksi motor Yamaha untuk menanganinya bisa bukak atau klik gbr dibawah
Untuk ciri pompa injeksi sudah lemah
Untuk ciri ini sangat mudah diketahui yaitu apa bila kunci kontak di ON kan didalam tangki tidak berbunyi ngingngng atau bunyinya sudah sangal pelan, kalau kunci kontak di ON kan dan suara didalam tangki bunyi ngingngngng keras atau jelas berarti pompa injeksi masih normal.
Oke aobat itu dasar apabila motor kalian susah hidup terutama motor injeksi tetapi apabila kalian sudah mencoba tetapi belum hidup juga silahkan xomen dibawah atau bawa bengkel yang audah berpengalaman untuk lebih banyak tau masalah kendaraan kalaian silahkan buka Youtube kandang ilmu dan jangan lupa bertanya lewat comen
Post a Comment
Post a Comment