Assalamungalaikum.....
Disini kandang ilmu akan mengungkap tuntas permasalahan motor kalian yang sering sikrinngya putus.
Sebelumnya saya mau menerangkan sistim jalur kelistrikan sepeda motor. jalur kelistrikan sepeda motor biasanya dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
1. Jalur listrik untuk kebusi
2. Jalur penerangan
3. Jalur pengisian untuk aki.
Jalur listrik kebusi
Jalur ini juga dibagi menjadi dua bagian yaitu jalur AC dan jalur DC.
Untuk jalur ac
biasanya percikan busi pengapian dari sepul ke cdi kemudian kecoil lanjut diteruskan kebusi. Untuk sepul api, yang kawatnya sangat lembut.
Jalur ini biasanya ada pada motor motor lama. Seperti Supra, grand, astrea800. GL PRO lama, Tiger lama. Untuk tipe motor honda, dan untuk tipe motor lainya sejenis motor yang tahun pembuatanya sama dengan motor honda.
Gbr pengapian ac
Untuk jalur DC.
Untuk jalur pengapian dc busi dipercikan melalui arus searah yang diatur oleh kiprok atau regulator yang terdapat dimotor. Biasanya jalur dc ini tidak menggunakan sepul pengapian yang memakai kawat kecil, untuk jalurnya Dari sepul kekiprok kiprok dibagi ke aki dan cdi kemudian baru kecoil dan menuju busi jalur dc ini mempunyai cadangan yaitu aki dan kiprok. Apabila akinya mati motor masih bisa bunyi larena masih ada arus yang dari kiprok. Tetapi apabila kiproknya mati motor masih bisa berbunyi dengan sisa setrum yang dari aki.
Untuk sistem ini biasanya kebanyakan tetdapat pada sepeda motor keluaran th 2006 keatas.
Jalur penerangan
Sistem penerangan ini juga ada dua jalur dari arus bolak balik dan arus searah. Untuk jalur bolak balik sistemnya dari sepul langsung ke saklar dan dikasih tahanan melalui kiprok untuk menghindari lampu cepat putus.
Untuk jalur searah dari jalur aki menuju kontak, kemudian kontak membagikan salah satunya kesaklar lampu. Atau langsung ke lampu untuk motor sekarang. Yang lampunya nyala terus.
Jalur pengisian
Untuk jalur pengisian ini sistemnya dari sepul menuju kiprokh kemudian menuju aki.
Itulah sekilas jalur kelistrikan sepeda motor.
Cara mengatasi sikring sepeda motor sering putus
Ok kita lanjut cara mengatasi sikering sepada motor cepat putus
Sikering adalah alat kelistrikan dimana kerjanya untuk pengaman apabila ada kongslet yang disebabkan ground yaitu arus positif menempel ke negatif. Apa bila sistem kelistrikan khususnya penerangan ataupun pengisian tidak memakai sikring jika terjadi kekongsletan bisa menyebabkan kebakaran
penyebab sikring cepat putus ini ada hubungannya dengan sistem penerangan dan sistem pengisian, yang sering sekali penyebab sikring sepeda motor putus disistem penerangan.
Untuk mencari penyebab sikring sering putus pada sepeda motor biasanya terdapat pada kabel + yang lecet menempel ke bodi yang biasanya terdapat pada bagian depan dibawah sepedometer ataupun pitingan lampu belakang yang jalur rem menempel kebody atau keper yang didalam pitingan. Untuk jalur + pada sepeda motor mempunyai ciri warna tersendiri.
Untuk motor honda kabel plus, merah dan hitam. Jalur merah dari aki dan jalur hitam yang keluar dari kontak.
Untuk motor yamaha kebel merah dan coklat. Jalur coklat yang keluar dari kontak.
Untuk motor suzuki kabel merah dan kabel orange. Kabel orange yang keluar dari kontak.
Untuk mengatasinya solasi kembali kabel yang lecet akibat sering gesekan dengan bodi. Terima kasih
Wassalam......
Post a Comment
Post a Comment