-->

Terbaru

Menangani mesin mobil diesel susah bunyi

Post a Comment
Assalam...... 
Salam jumpa dengan kandang ilmu yang selalu memberikan pengalaman pengalaman penting mesalah perbengkelan

Disini kandang ilmu akan membahas masalah mesin diesel yang susah hidup

Sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari?m

Menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya.

Menangani mesin mobil diesel susah bunyi

1. Busi pijar mati karena faktor usia. Usia pakai merupakan permasalahan normal karena usia pakai dan untuk perawatanya harus di ganti setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya, maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala.
Untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya. Setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakukan. Namun dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya, karena pemanasan mesin tidak perlu melakukan terlalu lama,cukup sekali memanasi mesin bisa langsung hidup

2. Penggantian busi pemanas bukan original pabrikan tidak menggunakan part busi pijar non original pabrikan adalah bisa jadi penyebab mudah matinya busi pijar karena setiap produk non original spesifikasi ketahanan bahannya pun berbeda,lain halnya produk original pabrikan mobil yang spesifikasinya telah disesuaikan dengan kondisi mesinnya sehingga untuk pemakaian busi jenis original ini di jamin kualitas produknya.

3. Timer modul busi pijar error atau/bermasalah ini pun bisa jadi penyebab masalah utama yang menjadi penyebab sering matinya busi pijar mobil? Dari pengalaman saya sendiri,timer yang sudah mulai error sehingga waktu memanaskan busi pijarnya terlalu lama sehingga busi pijar selalu memanasi ruang bakar,sehingga busi pijar akan mudah sekali rusak pada element pemanasnya.

Secara umum normalnya sebuah modul timer pemanas yang memanaskan busi pijar,saat kunci kontak di ON, maka lampu glow akan berwarna merah dan setelah lampu glow berwarna hijau maka siap dihidupkan mesinnya,dan bila kita lihat di busi pijarnya menggunakan lampu tespen DC akan terlihat setelah mesin dihidupkan arus masih ada di busi pemanas dengan waktu sekitar 20 detik akan memutus sendiri arusnya, permasalahan pada timer ini biasanya ada gejala lampun biasanya glow terlalu lama tidak hijau-hijau lampunya , terkadang juga lampu glow cepat sekali memanaskan, baru sebentar lampu glow sudah berwarna hijau,terkadang juga arus terlalu lama memutuskan dari busi pemanas setelah mesin lebih dari 20 detik mesin telah dihidupkan. Penyebab awal errornya modul timer pemanas nya sendiri belum diketahui hingga saat ini permasalahanya. namun bisa disimpulkan bahwa errornya atau rusaknya timer pemanas diakibatkan karena umur pakai kendaraan ,biasanya timer pemanas busi pijar rusak dijumpai pada mobil yang telah berumur kurang lebih 5 tahun keatas yang memang diharuskan komponen elektronik ini harus melakukan penggantian,untuk rekondisi sendiri tidak disarankan selain biaya yang cukup besar sama dengan harga barunya. 

Nah dari beberapa masalah diatas bagaimana solusinya bila modul timer pemanas busi pijar mobil l300 anda telah error atau rusak? Bila belum melakukan penggantian akibat mahalnya komponen elektronik tersebut.? Sehingga untuk membeli ada harus pikir dua kali.


Berikut langkahnya bila anda belum bisa membeli timer pemanas bisa dilakukan dengan cara ini sebagai solusi untuk mobil anda.
1. Siapkan kabel satu batang dengan panjang 5m
2. Carilah kabel besar di soket kunci kontak berwarna hitam strip merah
3. Pasang kabel yang disiapkan tadi dan sambungkan ke kabel di kunci kontak tersebut
4. Hubungkan kabel tersebut ke timer pemanas yaitu kabel kecil berwarna hijau strip hitam
6. Potong kabel tersebut dan kabel dari kunci kontak tersebut hubungkan kabel yang mengarah ke relay pemanas,jadi kabel berwarna hijau strip hitam adalah kabel yang menuju ke relay pemanas.
7. Pekerjaan telah selesai dan pada akhirnya tinggal melakukan pengetesan saja
8. Putar kunci kontak sampai nyala lampu indikatornya sampai terdengar bunyi tek di bawah kursi supir kemudian kunci di putar untuk menghidupkan mesin.
9. Coba tes menggunakan tespen dc ke busi pemanasnya dan lakukan seperti langkah nomer 8 bila lampu tespen menyala semua pekerjaan telah berhasil dan siap digunakan.

CHANNEL menangani segala mesin mobil dan motor tonton jangan lupa subscribe

Diatas adalah beberapa permasalahan yang menyebabkan busi pijar cepat mati dan cara-cara langkah  menangani permasalahan timer modul rusak adalah untuk mobil jenis mitsubhisi l300 saja namun bila ada kesamaan pada mobil lain bisa anda coba cara saya ini,oke semoga bermanfaat bagi anda yang telah membaca artikel ini untuk menambah wawasan anda agar tahu penyebab dan solusi permasalahan pada mobil jenis bermesin diesel yang masih menggunakan busi pijar tersebut.

Wassalam....

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter