-->

Terbaru

Cara mereset manual pada mobil nissan

Post a Comment
Assalam...
Produksi mobil nissan merupakan produksi mobil yang jenis mesinnya telah tergolong canggih dan serba elektrik, selain untuk meningkatkan performa kendaraan dan sangat irit bahan bakar serta menekan polusi udara yang di akibat dari pembakaran adalah merupakan hal utama yang diterapkan.
Maka dari itu mobil ini tergolong mobil yang selalu mengikuti alur zaman sehingga teknologinya pun akan selalu berubah seiring kemajuan industri otomotif sekarang ini.

Dengan semakin canggihnya sistem mesin sekarang ini semakin dipermudahkan dalam segala urusan saat berkendara seperti performa mesin yang responsive,iritnya bahan bakar,sistem coke dan idle up saat beban ac telah menggunakan sistem sensor dan elektrik otomatis lainnya. Namun dibalik semua itu pastinya ada kelemahannya 

contohnya bila perawatan: Seperti penggantian oli dan penggunaan bahan bakar harus sesuai dengan spek mobil tersebut dan untuk penggunaan sparepart tentunya tidak sedikit biaya penggantiannya
bahan dan jasa pengerjaannya pun menjadi mahal karena tingkat pengerjaannya pun menjadi bertambah rumit lagi 
Seperti contohnya pada mobil nissan grand livina ini pun memiliki perawatan khusus setelah melakukan tune up atau saat membersihkan throttle body yang jenisnya telah menggunakan jenis throttle wirring yaitu tidak menggunakan sistem kabel gas lagi namun telah menggunakan sejenis motor yang akan bekerja bila terdapat sinyal dari pedal gas elektrik tersebut untuk mengaktifkanya, namun dibalik semua itu tidaklah mudah apabila telah membersihkan thorttle body pasti akan terjadi masalah seperti gas tidak stabil apabila mesin dihidupkan dalam arti rpm mesin malah timbul naik turun dan cenderung tinggi saat langsam, kejadian ini tidak mengenal waktu atau saat dingin atau pun mesin telah panas semua itu terjadi begitu saja.

Cara reset manual pada mobil nissan

Di artikel kali ini saya akan jelaskan bagaimana cara mengatasinya bila masalah ini muncul pada mobil nissan grand livina anda.
Secara teknisnya mobil nissan grand livina ini setelah membersihkan throttle body nya diwajibkan melakukan reset ecu

Berikut adalah cara reset manual pada mobil nissan
1. Putar kunci kontak posisi ON
2. Injak pedal gas secara dalam selama 3 detik
3. Matikan kunci kontak posisi OFF selama 10 detik namun pedal gas tetap ditahan
4. Putar kunci kontak ON lagi dan pedal gas tetap ditahan selama 3 detik
5. Injak berulang ulang pedal gas selama 5 detik namun diharapkan injakan pedalnya sedikit dipercepat
6. Lepas pedal gas dan tunggu selama 7 detik
7. Tahan kembali pedal gas kira kira sekitar 10 detik lebih
8. disaat menunggu sekitar 10 hingga 20 detik diharapkan tetap menahan pedal gas dan lampu engine akan berkedip sampai berhenti berkedip.
9. Mesin siap dihidupkan setelah hidup tunggu hingga rpm mesin dibawah 1000 rpm kisaran 800 rpm dan saat digas rpm akan normal kembali di 800 rpm untuk memastikan bahwa pekerjaan melakukan reset ecu pada nissan grand livina telah selesai.

                    Masalah mesin mobil baleno setasioner tidak normal 
Begitulah cara mereset mobil nissan, semoga bermanfaat dan silakan mencoba apa bila mobil kalian terjadi masalah seperti diatas. salam sukses buat kalian
Wassalam...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter