Assalamungalaikum wr.wb Kandang ilmu kali ini mau berbagi pengetahuan masalah injeksi terutama penyimpanan setrum yang alatnya biasanya dibawah jok untuk motor vixion lama yang gbr alatnya seperti dibawah
Mungkin banyak yang bertanya tanya. Bagaimana kalau aki di motor injeksi tiba tiba tekor apakah motor akan mogok? Kalau mogok Cape deh harus dorong motor di jalan.
Bagi pengguna motor yang tidak tahu cara merawat aki akan selalu cemas dan ketakutan kalau aki tekor. Karena sistem injeksi harus didukung aki untuk menghidupi sensor-sensor. Apa benar kekuatiran aki yang tekor bisa membuat kinerja sistem injeksi jadi tidak sempurna Malah membuatnya hidup jadi enggak tenang
Battery atau aki di motor, tak hanya berfungsi sebagai suplai power ke peranti kelistrikan. Terutama di motor injeksi.
Tenaga penggerak ECU adalah arus DC dari aki,”ECU (Electronic Control Unit) atau ECM (Elektronic Control Module), otak dari kinerja engine dan sistem injeksi.
So, part ini butuh performa aki sempurna Sebenarnya lagi, suplai arus yang dibutuhkan ECU atau ECM tidak terlalu besar, hanya dibutuhkan tegangan sebesar 5 volt saja buat aktifkan kinerja part itu.
Maka itu, di beberapa varian injeksi terdapat capasitor bank. Misalnya, di Yamaha V-ixion.
Fungsi Capasitor bank pada motor injeksi
Part ini berfungsi untuk menyimpan arus listrik dan meratakannya. Sehingga ketika suplai listrik dari aki soak, kebutuhan suplai ke ECU bisa diberikan kapasitor bank atau kondensor berdasarkan output tegangan yang di hasilkan oleh spul atau lilitan atau AC generator didalam mesin , kemudian di searahkan oleh Kiprok
( dari tegangan AC / Alternating Current / Tegangan bolak-balik dan kemudian merubahnya menjadi tegangan DC / Direct Current / Tegangan searah ).
Tapi, tak ada salahnya buat menjaga aki tetap sempurna. “Sebaiknya, kualitas aki tetap terjaga baik. Karena aki ini juga berfungsi untuk menahan voltase yang terkadang tinggi yang di sebabkan rpm mesin yang naik tiba-tiba (tapi kisaran tegangan ini antara 6 sampai dengan 16 Volt DC) , kecuali kiprok anda mati/kebakar.
Kebutuhan aki di sistem injeksi juga bisa diketahui ketika kunci kontak diputar ke posisi ON. Sistem akan mendiagnosa keseluruhan sensor juga fuel pump. Makanya terkadang timbul bunyi dengung yang menandakan part itu sedang bekerja.
Kebutuhan aki di sistem injeksi juga bisa diketahui ketika kunci kontak diputar ke posisi ON. Sistem akan mendiagnosa keseluruhan sensor juga fuel pump. Makanya terkadang timbul bunyi dengung yang menandakan part itu sedang bekerja.
Bahaya menghidupkan motor mogok dengan didorong
Dengan cara ini adalah cara kuno dan sudah turun-temurun. Tekniknya dengan memposisikan gigi motor serendah mungkin, misalnya gigi 2. Kemudian motor didorong agar putaran roda bisa memutar mesin.Trik ini bisa dilakukan pada motor sistem karburator. Meski sering berhasil, namun mesin baru mau hidup bila kondisi pengapian normal serta bensin di tangki dan karburator ada. Tujuan dari langkah ini untuk memudahkan gas bakar terisap piston yang bergerak lebih cepat.
Motor didorong biasa dilakukan bila kemampuan aki lemah dan pedal slah dol Bahkan bila dilakukan lantaran ada masalah di ruang bakar atau ada komponen pengapian lemah Maka untuk menghidupkannya mesti didorong agar gas bakar yang mengandalkan gravitasi dan kevakuman mudah terisap. Bahkan dengan putaran lebih tinggi, setrum dari sepul ke aki bisa bikin normal.
Tapi, kalau bisa jangan sering dilakukan karena bisa menyebabkan gigi transmisi rompol atau patah. Nah itulah bahaya motor sering didorong.
yang jadi pertanyaan sekarang, apakah motor injeksi yang mulai ramai bisa juga didorong? Menggingat tunggangan sarat teknologi itu didukung komponen dan sensor elektrik presisi juga sensitif. Motor injeksi bukan cuma mudah nyala, irit bensin juga ramah lingkungan.. Nah kalau melihat dari logika dan pengetahuan teknik mengenai sistem kerja ECU dan ECM dapat diambil kesimpulan bahwa kalau motor injeksi bukan tak boleh dorong. Tapi, sebisa mungkin dihindari, lantaran komponen kelistrikan serta ECM (Elektronic Control Module) yang didukung sensor itu memang membutuhkan setrum.Agar tidak mogok di jalan pastikan kondisi aki di motor tetap prima. Sehingga bilamana motor injeksi bermasalah di jalan, pemilik tidak harus repot mendorong layaknya macam motor biasa. Apalagi jika ada masalah pada motor injeksi biasanya kerusakan terdeteksi lewat lampu indikator yang menyala
yang jadi pertanyaan sekarang, apakah motor injeksi yang mulai ramai bisa juga didorong? Menggingat tunggangan sarat teknologi itu didukung komponen dan sensor elektrik presisi juga sensitif. Motor injeksi bukan cuma mudah nyala, irit bensin juga ramah lingkungan.. Nah kalau melihat dari logika dan pengetahuan teknik mengenai sistem kerja ECU dan ECM dapat diambil kesimpulan bahwa kalau motor injeksi bukan tak boleh dorong. Tapi, sebisa mungkin dihindari, lantaran komponen kelistrikan serta ECM (Elektronic Control Module) yang didukung sensor itu memang membutuhkan setrum.Agar tidak mogok di jalan pastikan kondisi aki di motor tetap prima. Sehingga bilamana motor injeksi bermasalah di jalan, pemilik tidak harus repot mendorong layaknya macam motor biasa. Apalagi jika ada masalah pada motor injeksi biasanya kerusakan terdeteksi lewat lampu indikator yang menyala
Baca juga:
Kalau masih ngeyel juga misalkan, ingin menghidupkan mesin motor injeksi dengan cara didorong percuma juga. Apalagi kalau aki benar-benar tekor atau soak. Biasanya bukan cuma bikin kerja pompa bensin yang bertugas menekan dan menyemburkan bensin lewat injektor nggak aktif. Tapi, juga sensor-sensor pendukung ECM enggak bertugas semestinya.Tapi, selama lampu indikator enggak kasih signal tanda sensor di motor aman-aman saja, motor injeksi sejatinya enggak perlu didorong. Sebab aki lemah penyebab mesin sulit hidup, masih bisa diakali menggunakan kick starter dengan menyelah berulang-ulang KARENA SUDAH ADA ALAT YANG MENYIMPAN SETRUM YANG NAMANYA CAPASITOR BANK yang sudah sedikit diterangkan diatas.
Dengan menekan kick starter berulang-ulang, aki tekor bisa terisi setrum kembali tergantung cyproknya masih normal atau tidak. Nah, setrum tersimpan yang di Capasitor itulah yang nanti membantu proses menghidupkan komponen FI serta sensor-sensornya. walaupun aki tidak ada motor akan tetap hidup jika cyprok dan sepul masih normal.
Post a Comment
Post a Comment