Kandang ilmu kali ini akan membahas maslah AC pada mobil yang sering di alami oleh pemilik mobil yakni udara pada kabin terasa panas walaupun ac sudah di nyalakan
Dengan mengetahui apa saja penyebab masalahnya, kerusakan mobil akan jadi lebih mudah ditangani. Dan dengan penanganan yang tepat, masalah mobil akan 100% acc
Penyebab ac mobil kurang dingin
Dilihat dari fungsinya, sistem AC memang cukup memberi kenyamanan berkendara karena kita tidak perlu takut kepanasan saat didalam mobil meski suhu di luar cukup terik. Namun bagaimana kalau AC mobil terasa panas ? Saat AC dinyalakan ternyata hanya keluar angin bersuhu tinggi meksi selektor AC sudah kita set ke level yang paling dingin.
Ternyata, masalah AC yang cuma keluar angin seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal.
Antara lain adalah:
1. Freon Habis
Freon adalah bahan yang digunakan untuk memindahkan panas pada udara yang akan dihembuskan kedalam kabin. Freon yang banyak digunakan saat ini berjenis R-134a yang aman karena tidak merusak ozon namun tetap menimbulkan dampak pemanasan global apabila bocor ke atmosfer. Fungsi freon ini cukup vital, yakni mendinginkan udara yang akan dihembuskan ke dalam kabin melalui suhu dingin yang dimiliki oleh freon. Bisa dikatakan, udara dingin dari AC mobil itu didapat dari temperatur freon yang cukup dingin ini.
2. Volume freon kurang
Apabila volume freon kurang maka penyerapan panas pada udara yang akan dihembuskan kedalam kabin juga akan mengalami penurunan. Biasanya masalah freon berkurang ada kebocoran pada sistem saluran AC
Kalau masalah tersebut terus dibiarkan maka freon akan habis karena freon adalah gas yang mudah menguap. Sehingga kalau ada kebocoran saluran AC sedikit saja bisa membuat semua freon didalam sistem AC kabur. Saat freon di dalam saluran AC habis, maka tidak ada lagi penyerapan panas. Apabila kita mengaktifkan sistem AC, maka blower hanya akan menghembuskan udara saja dari luar mobil kedalam kabin tanpa adanya proses pendinginan.
Mengapa udara yang terhembus memiliki suhu lebih panas ?
Ini terjadi karena kompresor dan semua sistem AC masih berfungsi normal. Saat freon dari dalam saluran AC keluar, maka udara yang akan masuk mengisi saluran AC. Dan sifat udara saat dikompresi akan meningkat suhunya. Sehingga di dalam evaporator suhunya akan lebih tinggi akibat efek udara yang ter kompresi oleh kompresor AC. Dan imbasnya, suhu hembusan udara akan terasa panas.
Cara mengecek volume freon
Untuk mengecek volume freon, bisa anda lihat pada sight glass didekat dryer. Dalam kondisi AC on serta mesin hidup, harusnya ada gelembung. Gelembung ini menandakan bahwa freon masih ada didalam saluran AC.
3. Kopling Kompresor mati
Kopling kompresor berfungsi layaknya kopling pada transmisi.
Fungsinya untuk memutuskan juga menghubungkan putaran, namun yang diolah adalah putaran pulley kompresor ke poros kompresor AC. Penempatan kopling ini akan membuat kompresor tidak bekerja secara terus menerus, sehingga ketika tekannan freon sudah maksimal kompresor bisa berhenti secara otomatis tanpa menurunkan RPM mesin. Kopling ini memanfaatkan gaya magnet untuk menarik plat kopling agar terhubung dengan pulley, yang menjadi masalah ada pada rangkaian kelistrikan kopling magnet ini.
Apabila kopling magnet tidak bekerja, maka kompresor AC tidak akan terhubung ke pulley dan tidak melakukan pompaan freon meski RPM mesin sudah sangat tinggi. Sehingga, tidak ada sirkulasi freon dan tidak terjadi perpindahan panas. Ini akan membuat hembusan udara didalam kabin terasa tidak dingin namun tidak terasa panas.
Cara memersiksa kopling kompresor AC ?
Caranya sangat mudah, yakni dengan memperhatikan kinerja kompresor AC, saat mesin hidup lalu AC dinyalakan harusnya kopling langsung terhubung. Hubungan ini akan menimbulkan suara cukup kencang lalu disertai penambahan RPM mesinApabila anda mendengar suara hubungan kopling kompresor lalu ada kenaikan RPM mesin maka kopling normal, namun kalau tidak maka kopling kompresor telah rusak.
4. Kipas Pendingin Mati
Kipas pendingin memiliki banyak fungsi, selain mendinginkan mesin, kipas pendingin juga mendinginkan kondensor AC. Sehingga, kinerja kipas pendingin juga akan mempengaruhi proses perpindahan panas pada freon ke udara bebas. Kalau kipas pendingin mati, maka freon tidak dapat didinginkan. Ini akan membuat suhu freon tetap tinggi meski sudah bisa bersirkulasi. Sehingga, AC kadang terasa dingin, dan ketika lama digunakan hembusan angin akan semakin panas. Karena berkaitan dengan kipas pendingin, maka masalah ini harusnya akan lebih mudah terdeteksi.
Anda akan melihat indikator overheat pada dashboard yang mengindikasikan suhu mesin terlalu panas. Apabila kejadian overheat dan AC panas terjadi secara bersamaan maka bisa dipastikan kalau kipas pendingin mengalami kerusakan.
Apabila masalah AC mobil keluar angin saja ini terjadi secara tiba-tiba saat anda melakukan perjalanan, maka segera menepi dan berhenti lalu buka kap mesin hingga suhu mesin kembali dingin.
Langkah perbaikannya
Untuk langkah perbaikannya, ada prosedur khusus…Prosedur tersebut adalah pengecekan rangkaian (fuse dan relay), kalau kondisinya normal maka lanjut ke pengecekan kipas. Langkah perbaikan ini memang memerlukan alat-alat khusus, sehingga akan lebih tepat untuk menghubungi layanan storing bengkel terdekat.
Mencari bengkel AC mobil memang mudah. Di mana-mana banyak bengkel AC mobil. Namun pastikan bengkel yang anda pilih merupakan bengkel yang berkompeten dalam menangani masalah AC. Sembarangan memilih bengkel hanya akan menyebabkan kerusakan mobil semakin parah.
terimakasih semoga artikel ini menambah ilmu bagi kalian yang memiliki mobil atau yang membacanya
Post a Comment
Post a Comment